Page 7 - PRAKTIK BAIK GUPRES 2024
P. 7
(Kesadaran diri) lalu mengecek kehadiran peserta didik dengan cara menyebut
nama peserta didik masing-masing sambil mengangkat tangan dan mengucapkan
“hadir”. Kemudian di lakukan asesmen awal untuk mengetahui kesiapan belajar
peserta didik, minat dan gaya belajar masing-masing peserta didik. Lalu membuat
kesepakatan kelas agar dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada saat di kelas dapat
berjalan dengan lancar. Disini saya berusaha untuk memancing mereka
kesepakatan apa saja yang harus dilakukan dan tidak dilakukan agar mereka di
dalam kelas terlihat keterlibatan mereka dalam mengajukan pendapat di kelas.
Melakukan Ice Breaking terlebih dahulu agar peserta didik bersemangat dalam
belajar di kelas.
Saya memancing pertanyaan pemantik kepada mereka sebelum masuk ke
Kegiatan Belajar Mengajar agar mereka tahu arah dari tujuan pembelajaran hari ini,
karena pada saat itu masuk Bulan Ramadhan, saya memberikan cerita terlebih
dahulu tentang manfaat Puasa di Bulan Ramadhan, karena materi pembelajaran
yang saya sampaikan tentang sistem pencernaan manusia. Setelah saya
memberikan pertanyaan pemantik kemudian langkah selanjutnya saya melakukan
ceramah atau presentasi menggunakan PowerPoint melalui LED Proyektor, agar
peserta didik di harapkan bisa fokus terhadap materi yang saya sampaikan tersebut.
Dalam hal ini saya berusaha agar peserta didik menyimak dan memperhatikan
materi yang saya sampaikan sesuai dengan isi kesepakatan kelas yang telah
mereka sepakati bersama-sama di awal kegiatan pembelajaran berikut isinya :
Gambar 3 Poster Kesepakatan Kelas