Page 6 - PRAKTIK BAIK GUPRES 2024
P. 6
Tantangan yang alami dari berbagai jenis ketunaan, latar belakang dan
hambatan belajar tersebut itulah saya berusaha meningkatkan minat belajar dan
pemahaman peserta didik di kelas dengan menggunakan fasilitas sarana dan
prasarana yang ada di sekolah, saya memanfaatkan sumber yang ada. Tantangan
selanjutnya adalah efek 2 tahun dari pandemi COVID-19 lalu yang membuat peserta
didik kehilangan masa masa belajarnya di sekolah karena saat pandemi,
pembelajaran jarak jauh kurang efektif dan membuat peserta didik tersebut merasa
nyaman di rumah karena aktivitas pembelajaran yang membosankan dan kurang
menyenangkan. Penggunanaan teknologi yang kurang tepat dapat membuat peserta
didik terjerumus dalam tindakan yang kurang mengenakan, contoh penggunaan
smartphone yang mudah di akses konten-konten negatif jika tidak di awasi oleh
orang tua mereka menjadi momok terbesar dalam kehidupan mereka mengingat
peserta didik saya menginjak remaja dan mengalami hambatan serta gangguan
perilaku.
Aksi
Gambar 2 Persiapan KBM
Kegiatan Pembelajaran Berdiferensiasi dan Implementasi Pembelajaran
Sosial Emosional ini saya lakukan adalah melakukan doa sebelum belajar sesuai
dengan kepercayaan mereka masing-masing karena di kelas saya ada yang non
muslim juga, saya menanyakan kondisi peserta didik, menyiapkan kondisi fisik dan
psikis peserta didik sebelum kegiatan pembelajaran dimulai dengan cara meminta
peserta didik menuliskan atau menceritakan perasaan yang dirasakannya