Page 5 - PRAKTIK BAIK GUPRES 2024
P. 5
Tantangan
Dengan keberagaman suku, agama, latar belakang keluarga dan hambatan
yang dimiliki murid berkebutuhan khusus menjadi tantangan dalam memenuhi
kebutuhan murid dan merancang program pembelajarann yang berpusat dan
berpihak pada murid. Karena dengan keberagaman tersebut kita sebagai seorang
guru tidak boleh menyamakan cara kita memperlakukan mereka dalam mengajar
dan mendidik mereka. Disini saya ingin mengaplikasikan Profil Pelajar Pancasila
antara lain :
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
2. Berkebinekaan global
3. Bergotong royong
4. Mandiri
5. Bernalar kritis
6. Kreatif
agar peserta didik memiliki salah satu di antara 6 profil pelajar pancasila tersebut
sehingga bermanfaat bagi kehidupannya kelak setelah lulus sekolah.
Disamping itu saya juga ingin menerapkan Kompetensi Sosial Emosional
(KSE) pada setiap pembelajaran di kelas, Pembelajaran Sosial dan Emosional
merupakan pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas
sekolah, sehingga memungkinkan anak dan orang dewasa mendapat dan
menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial
dan emosional. Pembelajaran sosial dan emosional bertujuan untuk:
1. memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk
mengelola emosi (kesadaran diri)
2. menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri)
3. merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran
sosial)
4. membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan
membangun relasi)
5. membuat keputusan yang bertanggung jawab (pengambilan keputusan
yang bertanggung jawab)