Page 5 - PRAKTIK BAIK GUPRES 2024
P. 5

Tantangan

                       Dengan keberagaman suku, agama,  latar belakang keluarga dan hambatan

               yang  dimiliki  murid  berkebutuhan  khusus  menjadi  tantangan  dalam  memenuhi
               kebutuhan  murid  dan  merancang  program  pembelajarann  yang  berpusat  dan

               berpihak  pada  murid.  Karena  dengan  keberagaman  tersebut  kita  sebagai  seorang

               guru  tidak  boleh  menyamakan  cara  kita  memperlakukan  mereka  dalam  mengajar
               dan  mendidik  mereka.  Disini  saya  ingin  mengaplikasikan  Profil  Pelajar  Pancasila

               antara lain :

                       1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

                       2. Berkebinekaan global
                       3. Bergotong royong

                       4. Mandiri

                       5. Bernalar kritis
                       6. Kreatif

               agar  peserta  didik  memiliki  salah  satu  di  antara  6  profil  pelajar  pancasila  tersebut

               sehingga bermanfaat bagi kehidupannya kelak setelah lulus sekolah.

                       Disamping  itu  saya  juga  ingin  menerapkan  Kompetensi  Sosial  Emosional

               (KSE)  pada  setiap  pembelajaran  di  kelas,  Pembelajaran  Sosial  dan  Emosional
               merupakan pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas

               sekolah,  sehingga  memungkinkan  anak  dan  orang  dewasa  mendapat  dan
               menerapkan  pengetahuan,  keterampilan  dan  sikap  positif  mengenai  aspek  sosial

               dan emosional. Pembelajaran sosial dan emosional bertujuan untuk:


                       1.  memberikan  pemahaman,  penghayatan  dan  kemampuan  untuk
                           mengelola emosi (kesadaran diri)

                       2.  menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri)
                       3.  merasakan  dan  menunjukkan  empati  kepada  orang  lain  (kesadaran

                           sosial)
                       4.  membangun  dan  mempertahankan  hubungan  yang  positif  (keterampilan

                           membangun relasi)

                       5.  membuat  keputusan  yang  bertanggung  jawab  (pengambilan  keputusan
                           yang bertanggung jawab)
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10