Page 2 - PRAKTIK BAIK GUPRES 2024
P. 2
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN
BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL (KSE)
PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA, DOWN SYNDROME SERTA AUTISME
KELAS XI SMALB DI SLB NEGERI BONTANG
Oleh :
AAM HAMDANY SALAM, S.Pd
SLB NEGERI BONTANG
aamsalam32@guru.slb.belajar.id
Portofolio Program Guru Penggerak
https://sites.google.com/guru.slb.belajar.id/portofoliocgp8aamhamdanysalam/beranda
Perkenalkan nama saya Aam Hamdany Salam, seorang guru berkebutuhan khusus
di SLB Negeri Bontang Provinsi Kalimantan Timur alumni dari kampus UNESA PLB
lulus 2011 (Universitas Negeri Surabaya) dan merantau dari Kabupaten Kediri ke
Kota Bontang mendaftar CPNS tahun anggaran 2013 di Pemerintah Kota Bontang
(saat itu masih di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Bontang) dan masih aktif
mengajar sampai saat ini. Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan Praktik
Baik yang saya lakukan di kelas saya pada jenjang SMALB kelas XI. Praktik Baik ini
saya menggunakan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi dan Refleksi). Praktik
Baik ini bertujuan diseminasi kepada tenaga pendidik dan kependidikan di SLB
Negeri Bontang pada khususnya dan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di
seluruh Indonesia. Saya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang telah saya
pelajari saat menjadi Calon Guru Penggerak Angkatan 8 Kota Bontang tahun 2022.
Situasi
Dalam melaksanakan praktik baik di kelas XI SMALB ini saya melakukannya
terlebih dahulu dengan melakukan tindakan asesmen karena di kelas saya memiliki
berbagai macam karakteristik ketunaan yang berbeda dan kemampuan yang