Page 2 - PRAKTIK BAIK GUPRES 2024
P. 2

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN
                BERDIFERENSIASI TERINTEGRASI KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL (KSE)
                 PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA, DOWN SYNDROME SERTA AUTISME
                                   KELAS XI SMALB DI SLB NEGERI BONTANG













                                                         Oleh :
                                           AAM HAMDANY SALAM, S.Pd
                                               SLB NEGERI BONTANG
                                           aamsalam32@guru.slb.belajar.id
                                         Portofolio Program Guru Penggerak
                   https://sites.google.com/guru.slb.belajar.id/portofoliocgp8aamhamdanysalam/beranda

               Perkenalkan nama saya Aam Hamdany Salam, seorang guru berkebutuhan khusus
               di SLB Negeri Bontang Provinsi Kalimantan Timur alumni dari kampus UNESA PLB

               lulus  2011  (Universitas  Negeri  Surabaya)  dan  merantau  dari  Kabupaten  Kediri  ke
               Kota Bontang mendaftar CPNS tahun anggaran 2013 di Pemerintah Kota Bontang

               (saat itu masih di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Bontang) dan masih aktif
               mengajar sampai saat ini. Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan Praktik

               Baik yang saya lakukan di kelas saya pada jenjang SMALB kelas XI. Praktik Baik ini

               saya  menggunakan  metode  STAR  (Situasi, Tantangan, Aksi  dan  Refleksi).  Praktik
               Baik  ini  bertujuan  diseminasi  kepada  tenaga  pendidik  dan  kependidikan  di  SLB

               Negeri Bontang pada khususnya dan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di
               seluruh Indonesia. Saya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang telah saya

               pelajari saat menjadi Calon Guru Penggerak Angkatan 8 Kota Bontang tahun 2022.




               Situasi


                       Dalam melaksanakan praktik baik di kelas XI SMALB ini saya melakukannya
               terlebih dahulu dengan melakukan tindakan asesmen karena di kelas saya memiliki

               berbagai  macam  karakteristik  ketunaan  yang  berbeda  dan  kemampuan  yang
   1   2   3   4   5   6   7